Kamis, 04 Maret 2010

materi bab 1 MPL

Keputusan strategi Bisnis dan Strategi Pemasaran
Perencanaan strategis memberikan dasar bagi perencanaan lanjutan perusahaan

Kontribusi pemasaran bagi perencanaan strategis, dan keseluruhan rencana mendefinisikan peranan pemasaran dalam perusahaan

Walaupun perencanaan formal menawarkan berbagai macam keuntungan bagi perusahaan, tidak semua perusahaan menggunakannya atau menggunakannya dengan baik

0751411 SAP dan Silabus (Pemasaran jasa).xls

DEPARTEMEN AGAMA
UNIVERSITAS ISLAM NEGERI (UIN) MALANG
Jalan Gajayana 50 Malang Telepon (0341) 551354 Faksimile (0341) 572533

FORMULIR SILABUS MATAKULIAH
JURUSAN MANAJEMEN FAKULTAS EKONOMI
Nomor Dokumen No. Revisi Halaman Tanggal
UIN-QA/KM/06 02 1 dari 1 15 Februari 2010

Kode Matakuliah : 0751411
Nama Matakuliah : Pemasaran Jasa
Jumlah Kredit : 3 SKS
Semester : VI (Enam)
Jenis Matakuliah : Mata Kuliah Perilaku Berkarya (MPB)

A. Deskripsi Matakuliah
Meningkatkan pengetahuan mahasiswa tentang aspek strategi pemasaran jasa dan bauran pemasaran jasa, serta
mengukur kualitas jasa yang berhubungan dengan kepuasan konsumen dan profitabilitas perusahaan


SESI BAB MATERI PERKULIAHAN SUMBER
1 1 Dinamika Bisnis Jasa dan Pentingnya Pemasaran Jasa 1,2,3,4,5
- Karakteristik jasa
- Klasifikasi Jasa dan Implikasinya
- Keunikan Pemasaran Jasa
2 2 Pemasaran Jasa dan Pemasaran Relasional 1,2,3,4,5
- Evolusi Pemasaran Jasa
- Pemasaran Relasional
3 3 Perumusan Misi Perusahaan Jasa
- Pentingnya Perumusan Misi Jasa 1,2,3,4,5
- Pengembangan Misi Jasa
- Pelaksanaan Misi
4 4 Segmentasi Pasar Jasa
- Proses Segmentasi Pasar 1,2,3,4,5
- Identifikasi Alternatif Basis Segmentasi
- Pemilahan Basis Terbaik Segmentasi
Penargetan Pasar Jasa
5 5 Pemosisian dan Diferensiasi Produk Jasa 1,2,3,4,5
- Pentingnya Positioning dan Diferensiasi Jasa
- Proses Positioning
- Tingkatan Positioning
6 6 Bauran Pemasaran Bisnis Jasa 1,2,3,4,5
- Unsur Bauran Pemasaran Jasa
- Bauran Pemasaran dan Strategi Pemasaran Jasa
7 7 Strategi Produk dan Distribusi Jasa 1,2,3,4,5
- Penciptaan Produk Jasa
- Distribusi Jasa
8 8 Strategi Penetapan Harga Jasa 1,2,3,4,5
- Landasan Strategi Penetapan Harga
- Sasaran Strategi Harga
- Metode/Teknik Penetapan Harga Jasa
9 Ujian Tengah Semester (UTS)
10 9 Strategi Promosi dan Komunikasi Jasa
- Program Komunikasi Jasa
- Alternatif Teknik Promosi Jasa
- Desain Promosi Jasa
11 & 12 10 Aspek Manusia (SDM) dalam Pemasaran Jasa 1,2,3,4,5
- Peran Penting SDM dalam Pemasaran Jasa
- Pemasaran Internal
- Layanan Konsumen (Customer Service)
- Desain Layanan Konsumen
- Proses Manajemen SDM dalam Operasi Jasa
13 & 14 11 Manajemen Kualitas Jasa 1,2,3,4,5
- Pengertian dan Pengukuran Kualitas Jasa
- Peningkatan Kualitas Jasa
- Kaitan Kualitas Jasa dengan Kepuasan Konsumen dan Perilaku Purnapembelian
- Pengembangan Orientasi Pemasaran
Sistem Informasi Kualitas Jasa
15 12 Pengorganisasian dan Implementasi Pemasaran Jasa 1,2,3,4,5
- Manajemen Jasa
- Mencegah Konflik Antarfungsi
- Pengembangan Struktur Organisasi Pemasaran
- Membangun Organisasi yang Berorientasi Pelanggan
16 13 Pemasaran Jasa dalam Konteks E-Bisnis 1,2,3,4,5
17 Survei Ke Perusahaan
18 Ujian Akhir Semester (UAS)

Referensi :
1. Lupiyoadi, Rambat & A. Hamdani, Manajemen Pemasaran Jasa, edisi 2, Penerbit Salemba Empat, Jakarta, 2006
2. Lovelock, Christopher H. (1991), Service Marketing: Text, Cases, and Readings, Prentice Hall, Englewood Cliffs, NJ.
3. Gronroos, Christian (1990), Service Management and Marketing: Managing the Moments of Truth in
Service Competition, Maxwell Macmillan.
4. Payne, Adrian (1993), The Essence of Service Marketing, Prentice Hall, Englewood Cliffs.
5. Fandy Tjiptono (2006), Pemasaran Jasa, Bayumedia Publishing, Malang, Jawa Timur.
6. Hermawan Kertajaya & M. Syakir Sula, Syariah Marketing, Mizan Pustaka.


a.n. Dekan
Pembantu Dekan Bidang Akademik



Dr. H. Jamal Lulail Yunus, SE., MM
NIP: 197000707 200003 1 001

Selasa, 02 Maret 2010

SILABI Manajemen Pemasaran Jasa

maaf, masih proses editing, tunggu info selanjutnya.......

SAP&SILABI SIM_2010

DEPARTEMEN AGAMA
UNIVERSITAS ISLAM NEGERI (UIN) MALANG
Jalan Gajayana 50 Malang Telepon (0341) 551354 Faksimile (0341) 572533

FORMULIR SATUAN ACARA PERKULIAHAN MATAKULIAH
JURUSAN MANAJEMEN FAKULTAS EKONOMI
Nomor Dokumen : UIN-QA/KM/06 No. Revisi : 01 Halaman : 1 dari 4 Tanggal : 15 Februari 2010


Kode Matakuliah : 0751306
Nama Matakuliah : Sistem Informasi Manajemen
Jumlah Kredit : 3 SKS
Semester : IV(Empat)
Jenis Matakuliah : Mata Kuliah Keahlian Berkarya (MKB)

Standar Kompetensi
No Kompetensi Dasar Materi Pokok Pengalaman Belajar Indikator Penilaian Alokasi Sumber/Bahan/Alat
waktu
1 Memahami Skenario paradigma IT/ICT masa lalu, sekarang dan di masa depan. Overview arah materi kuliah Menggali dan mengolah tentang Skenario paradigma IT/ICT masa lalu, sekarang dan di masa depan dari literatur "• Mendeskripsikan Skenario paradigma IT/ICT masa lalu, sekarang dan di masa depan dari literatur.
" "o Penugasan
o Portofolio
" 3 x 50 m 1.  Slamet (2010), Disertasi bab II. 2.  Raja Malik (2003b), bab I 3.  John Ward and Joe Peppard (2002), p.22 4.   Keri E. Pearlson & I Carol S. Saunders (2009), p.1-8
2 Memahami Outlook era ekonomi dan organisasi digital Outlook era ekonomi dan organisasi digital "• Melakukan bisnis dalam era ekonomi digital
• Tekanan bisnis, kinerja dan tanggapan organisasi serta dukungan teknologi informasi." •Mengetahui & memahami bisnis dalam era ekonomi digital dan tekanan bisnis, kinerja dan tanggapan organisasi serta dukungan teknologi informasi. "o Performance (Tugas Individu dan Kelompok)
o Portofolio
o Presentasi
" 3 x 50 m 1.   Turban et al. (200). Bab I 2.   Bernard H. Boar (1996), Bab I.
3 Memahami Dasar-dasar Sistem informasi dalam Bisnis "• Definisi konsep sistem dan hirarki sistem.
• Definisi konsep data, informasi, sistem informasi (IS).
• Definisi konsep teknologi informasi (IT) atau ICT (information communication and technology).
" "• Melakukan kajian literatur dan meresum tentang Definisi konsep sistem dan hirarki sistem, konsep data, informasi, sistem informasi (IS), Definisi konsep teknologi informasi (IT) atau ICT (information communication and technology).
" • Mendeskripsikan tentang Definisi konsep sistem dan hirarki sistem, konsep data, informasi, sistem informasi (IS), Definisi konsep teknologi informasi (IT) atau ICT (information communication and technology). "o Performance (Tugas Individu dan Kelompok)
o Portofolio
o Presentasi
" 3 x 50 m 1.       Abdul Monaf Bohari et al. (2006) Bab I (1) 2.       Keri E. Pearlson & I Carol S. Saunders (2009), p.13-16 3.       O’Brien, James (2005;1-15) 4.       Loudon, Kenneth (2008;2-8) 5.       Loudon, Kenneth (2008;77-81) 6.       Carol V. Brown et al (2009) bab II, III, & IV 7.       Trevor Bentley (1998), Part II
4 Menggunakan sumber-sumber informasi secara strategik dalam ekonomi global "• Evolusi sumber-sumber informasi
• Peranan IS dalam sebuah organisasi.
• Klafisikasi dan faktor utama sukses dalam menggunakan strategi IS & IT
" "• Melakukan kajian literatur dan meresum tentang Evolusi sumber-sumber informasi, Peranan IS dalam sebuah organisasi, Klafisikasi dan faktor utama sukses dalam menggunakan strategi IS & IT
" • Mendeskripsikan Evolusi sumber-sumber informasi, Peranan IS dalam sebuah organisasi, Klafisikasi dan faktor utama sukses dalam menggunakan strategi IS & IT. "o Performance (Tugas Individu dan Kelompok)
o Portofolio
o Presentasi
" "3 x 50 m

" 1.       John Ward and Joe Peppard (2002), Bab I 2.       Jogiyanto (2005), bab III 3.       Loudon, Kenneth (2008), Bab II 4.       O’Brien, James (2005), bab I. 5.       Raja Malik (2003b), bab III 6.       Keri E. Pearlson & I Carol S. Saunders (2009), Bab II & III.
5 Bersaing dengan Menggunakan Teknologi Informasi "• Dasar- dasar keunggulan strategis
• Konsep –konsep strategi kompetitif
• Mata rantai nilai bisnis
• Menggunakan TI sebagai keunggulan strategis
" Menggali dan mengolah tentang pengertian Dasar- dasar keunggulan strategis, Konsep –konsep strategi kompetitif, Mata rantai nilai bisnis, Menggunakan TI sebagai keunggulan strategis dari literatur. "Mendeskripsikan : • Dasar- dasar keunggulan strategis
• Konsep –konsep strategi kompetitif
• Mata rantai nilai bisnis
• Menggunakan TI sebagai keunggulan strategis
" "o Penugasan
o Portofolio
" 3 x 50 m 1.       O’Brien, James (2005;58-84) 2.       Mc. Leod (2008;28-46) 3.       Loudon, Kenneth (2008;109-131) 4.       Jogiyanto (2005), Bab V
6 Mensejajarkan strategi bisnis, strategi IS dan strategi IT "• Model-model penyelarasan strategi bisnis, strategis IS & strategi IT/ICT.
• Definisi konsep strategi bisnis
• Definisi konsep strategi IS
• Definisi konsep strategi IT/ICT" "Menggali dan mengolah tentang Model-model penyelarasan strategi bisnis, strategis IS & strategi IT/ICT, konsep strategi bisnis, konsep strategi IS
dan konsep strategi IT/ICT dari literatur." "Menjelaskan:
• Model-model penyelarasan strategi bisnis, strategis IS & strategi IT/ICT.
• Definisi konsep strategi bisnis
• Definisi konsep strategi IS
• Definisi konsep strategi IT/ICT" "o Penugasan
o Portofolio
" 3 x 50 m 1.       John Ward and Joe Peppard (2002), p.38- 48; 587-589 2.       Keri E. Pearlson & I Carol S. Saunders (2009), p.22-38. 3.       Raja Malik (2003a), p.16-23.
7 Sistem manajemen database (database management system) "• Konsep basis data
• Penerapan Database dalam Bisnis
• Tipe File dalam Sistem manajemen database
• Teknik merancang model database
• Syarat-syarat manajemen untuk system database" Menggali dan mengolah tentang Konsep basis data, Penerapan Database dalam Bisnis, Tipe File dalam Sistem manajemen database, Teknik merancang model database, Syarat-syarat manajemen untuk system database dari literatur. "Menjelaskan: • Konsep basis data
• Penerapan Database dalam Bisnis
• Tipe File dalam Sistem manajemen database
• Teknik merancang model database
• Syarat-syarat manajemen untuk system database" "o Penugasan
o Portofolio
" 3 x 50 m 1.       Loudon, Kenneth (2008), Bab VI 2.       O’Brien, James (2005), p.228-240. 3.       Carol V. Brown et al (2009) bab V 4.       Turban et al. (200). Bab III
8 Praktikum Sistem manajemen database (database management system) MS Access "o Penugasan
o Portofolio
" 3 x 50 m
9 Ujian Tengah Semester (UTS)
10 Membangun dan merubah proses bisnis dalam era ekonomi digital. "• Perspektif fungsional Vs perspektif proses bisnis
• Mendesain kembali organisasi dengan system informasi
• Alat-alat perubahan
" Menggali dan mengolah tentang Perspektif fungsional Vs perspektif proses bisnis, Mendesain kembali, organisasi dengan system informasi, Alat-alat perubahan dari literatur. "Menjelaskan: • Perspektif fungsional Vs perspektif proses bisnis
• Mendesain kembali organisasi dengan system informasi
• Alat-alat perubahan
" "o Penugasan
o Portofolio
" 3 x 50 m 1.       Loudon, Kenneth (2008), bab 8. 2.       Keri E. Pearlson & I Carol S. Saunders (2009), Bab 5.
11 E-commerce & e-bisnis "• System e-commerce dan System e-bisnis
• Pilar sukses dalam e-commerce/ e-bisnis.
• Menciptakan sebuah strategi e-commerce/e-bisinis yang terintegrasi.
" "• Melakukan kajian literatur dan meresum tentang system e-commerce dan System e-bisnis
• Pilar sukses dalam e-commerce/ e-bisnis.
• Menciptakan sebuah strategi e-commerce/e-bisinis yang terintegrasi.
" "• Mendeskripsikan lingkungan system e-commerce dan System e-bisnis
• Pilar sukses dalam e-commerce/ e-bisnis.
• Menciptakan sebuah strategi e-commerce/e-bisinis yang terintegrasi.
" "o Performance (Tugas Individu dan Kelompok)
o Portofolio
o Presentasi
" 3 x 50 m 1.      O’Brien, James (2005), Bab 7 & 8. 2.      Jogiyanto (2005), bab 9. 3.      Robert T. Plan (1999), Bab 1 & 2. 4.      Turban et al. (200). Bab 5
12 Perencanaan strategik sistem informasi/teknologi informasi atau ITSP (information technology strategic planning), bagian I. "• Pentingnya ITSP.
• Definisi konsep ITSP.
• Model-model ITSP " "• Melakukan kajian literatur dan meresum tentang Pentingnya ITSP, Definisi konsep ITSP, Model-model ITSP
" "• Mendeskripsikan Pentingnya ITSP, Definisi konsep ITSP, Model-model ITSP.

" "o Performance (Tugas Individu dan Kelompok)
o Portofolio
o Presentasi
" 3 x 50 m 1.      Slamet (2010) disertasi, bab IV 2.      Jogiyanto (2005), bab 11 3.      Turban et al. (200). Bab 13. 4.      Bernard H. Boar (2001), bab 1-7, 5.      Raja Malik (2003a).
13 ITSP, bagian II • Tahapan ITSP. Menggali dan mengolah tentang Tahapan ITSP dari literatur. "• Mendeskripsikan Tahapan ITSP.
" "o Performance (Tugas Individu dan Kelompok)
o Portofolio
o Presentasi
" 3 x 50 m 1.      Slamet (2010) disertasi, bab IV 2.      Jogiyanto (2005), bab 11 3.      Turban et al. (200). Bab 13. 4.      Bernard H. Boar (2001), bab 1-7, 5.      Raja Malik (2003a).
14 Evaluasi Sistem Informasi Manajemen "• Alasan terjadinya paradoks produktivitas teknologi informasi • Tingkatan yang bisa di evaluasi • Cost & benefit analysis
" "• Melakukan kajian literatur dan meresum tentang Alasan terjadinya paradoks produktivitas teknologi informasi, Tingkatan yang bisa di evaluasi, Cost & benefit analysis.
" "• Mendeskripsikan Alasan terjadinya paradoks produktivitas teknologi informasi, Tingkatan yang bisa di evaluasi, Cost & benefit analysis
" "o Performance (Tugas Individu dan Kelompok)
o Portofolio
o Presentasi
" 3 x 50 m 4. Indrajit (2004).
15 Elemen-elemen social dan kesadaran sumber daya manusia sistem informasi "• Menjembatani isu-isu social dan organisasi dalam pengembangan system informasi.
• Tanggungjawab social pengembang (developers) system informasi." Menggali dan mengolah tentang Menjembatani isu-isu social dan organisasi dalam pengembangan system informasi , Tanggungjawab social pengembang (developers) system informasi dari literatur. "• Menjelaskan Menjembatani isu-isu social dan organisasi dalam pengembangan system informasi , Tanggungjawab social pengembang (developers) system informasi
" "o Penugasan
o Portofolio
" 3 x 50 m Steve Clarke (2003).
16 Etika dan kerangka hukum bidang teknologi informasi "•Etika Pemanfaatan Teknologi Informasi
• Kriminalitas di Internet • Kerangka Hukum Bidang Teknologi informasi • Perspektif Cyberlaw dalam Hukum Indonesia
" "Menggali dan mengolah tentang •Etika Pemanfaatan Teknologi Informasi
• Kriminalitas di Internet • Kerangka Hukum Bidang Teknologi informasi • Perspektif Cyberlaw dalam Hukum Indonesia dari literatur." "• Menjelaskan, Etika Pemanfaatan Teknologi Informasi, Kriminalitas di Internet, Kerangka Hukum Bidang Teknologi informasi, Perspektif Cyberlaw dalam Hukum Indonesia.
" "o Penugasan
o Portofolio
" 3 x 50 m 1.     Supriyanto, Aji (2007;450-485) 2.      Mc. Leod (2008;298-313) 3.      O’Brien, James (2005;568-593) 4.      Loudon, Kenneth (2008;142-172)
17 Survei ke perusahaan
18 Ujian Akhir Semester (UAS)


Referensi
1.  Abdul Manaf B., Nur Haryani Z., Norliza Katuk & Zahurin Mat Aji. 2006. Sistem Maklumat Dalam Organisasi Kontemporer. Kuala Lumpur: Pearson Prentice Hall.
2.  Bentley, Trevor. 1998. Managing Information. London: CIMA.
3.  Boar, Bernard, H. 2001. The art of strategic planning for information technology. Ed. ke-2. New York: John Wiley and Sons, Inc.
4.  Brown, C.V., DeHayes D.W., Hoffer J.A, Martin E.W & Perkins W.C. 2009. New Jersey: Pearson Prentice Hall.
5.  Clarket S., Coakes E., Hunter M.G & Wenn A. 2003. Socio-Technical and Human Cognition Elements of Information System. London: Information Science Publishing
6.  Indrajit, Eko Richardus; 2004, Kajian Strategis Cost Benefit Teknologi Informasi; Panduan Investasi Pengembangan Teknologi Informasi di Perusahaan, Andi Offset, Yogyakarta.
7.  Jogiyanto, H.M. 2005. Sistem informasi strategik. Yogyakarta: Andi Offset.
8. Laudon, Kenneth C., Jane P. Laudon. 2007. Management Information Systems Managing the Digital Firm. Tenth Edition. Pearson Prentice Hall
9.  Mc Leod, Jr.; 2008, Sistem Informasi Manajemen; Edisi 10;Salemba Empat; Jakarta.
10.    O’Brien, James .;2005, Kerangka Dasar Sistem Informasi Manajemen; Salemba Empat; Jakarta.
11.  Pearlson & Saunders. 2009. Strategic Management Information System. Fourth Edition. John Wiley & Sons (Asia), Ltd.
12.  Raja Malik, Mohamed. 2003a. Practical approach to ICT strategic planning. Kuala Lumpur: Institut Tadbiran Awam Negara (INTAN).
13.  Raja Malik, Mohamed. 2003b. Challenges in managing Information & Communications Technology: A CIO Guide. Kuala Lumpur: Institut Tadbiran Awam Negara (INTAN).
14.  Slamet. 2009. Kerangka Kerja Perancangan Teknologi Maklumat Berparadigma Islam. Thesis Doktor Falsafah. Bangi: Universiti Kebangsaan Malaysia.
15.  Supriyanto, Aji;2005, Pengantar Teknologi Informasi; Salemba Empat; Jakarta.
16.  Turban, Efraim., Leidner, Dorothy., McLean, Ephraim., & Wetherbe, James. 2008. Information Technology for Management
(Transforming Organizations in the Digital Economy. Ed.6. John Wiley & Sons (Asia) Pte Ltd.
17.  Ward, John & Peppard, Joe. 2002. Strategic planning for information systems. Ed. ke-3. England: John Wiley & Sons, Ltd.
a.n. Dekan
Pembantu Dekan Bidang Akademik



Dr. H. Jamal Lulail Yunus, SE., MM
NIP: 197000707 200003 1 001

sap Manajemen PEmasaran Lanjutan

DEPARTEMEN AGAMA
UNIVERSITAS ISLAM NEGERI (UIN) MALANG
Jalan Gajayana 50 Malang Telepon (0341) 551354 Faksimile (0341) 572533

FORMULIR SILABUS MATAKULIAH
JURUSAN MANAJEMEN FAKULTAS EKONOMI
Nomor Dokumen No. Revisi Halaman Tanggal
UIN-QA/KM/06 02 1 dari 1 15 Februari 2010

Kode Matakuliah : 0751407
Nama Matakuliah : Manajemen Pemasaran II
Jumlah Kredit : 3 SKS
Semester : IV (Empat)
Jenis Matakuliah : Mata Kuliah Perilaku Berkarya (MPB)

A. Deskripsi Matakuliah
Memberikan bekal kepada mahasiswa untuk memahami konsep manajemen pemasaran sehingga mahasiswa
diharapkan mampu melakukan analisis pasar yang mendukung rencana dan strategi perusahaan.


SESI BAB MATERI PERKULIAHAN SUMBER
1 1 Keputusan strategi bisnis dan Program Pemasaran 1,2,3,4,5
(Marketing Mix)
2 & 3 2 Strategi Produk 1,2,3,4,5
- Klasifikasi produk
- Pemberian merek
- Bauran produk
4 3 Strategi Jasa
- Sifat dan Karakteristik Jasa 1,2,3,4,5
- Strategi Pemasaran Jasa 1,2,3,4,5
5 4 Pengembangan Produk Baru
- Strategi pengembangan produk baru 1,2,3,4,5
- Product Life Cycle (PLC)
6 5 Penetapan Harga Produk 1,2,3,4,5
a. Pertimbangan dan pendekatan:
- Faktor-faktor yang perlu dipertimbangkan u/penetapan harga
- Pendekatan-pendekatan umum dalam penetapan harga
7 & 8 lanjutan b. Strategi Penetapan Harga:
bab 5 - Strategi penetapan harga produk baru
- Strategi penetapan harga bauran produk
- Strategi penyesuaian harga
9 Ujian Tengah Semester (UTS)
10 6 Saluran Distribusi dan Manajemen Logistik 1,2,3,4,5
- Sifat dan Keputusan Saluran Distribusi
- Distribusi fisik dan Manajemen Logistik
11 7 Komunikasi 1,2,3,4,5
- Bauran Komunikasi
- Bauran Komunikasi
- Langkah-langkah komunikasi efektif
12 8 a. Periklanan, Promosi Penjualan dan Hubungan Masyarakat 1,2,3,4,5
- Periklanan
- Keputusan Penting dalam periklanan
- Promosi penjualan
- Hubungan masyarakat
13 lanjutan b. Penjualan Personal dan Manajemen Penjualan
bab 8 - Personal Selling
- Direct Selling
- Pemasaran On-Line
14 9 Strategi bersaing: 1,2,3,4,5
Membangun Hubungan Pelanggan yang Langgeng
15 10 Pemasaran dan Masyarakat: 1,2,3,4,5
Tanggung Jawab Sosial dan Etika Pemasaran
16 11 Pasar Global 1,2,3,4,5
- Pemasaran Global menuju abad ke-21
- Mencermati Lingkungan Pemasaran Global
- Keputusan program pemasaran global
17 Survei Ke Perusahaan
18 Ujian Akhir Semester (UAS)

Referensi :
1. Philip Kotler, Marketing Management, elevent edition, Prentice Hall
2. Philip Kotler & Gary Amstrong, Principles of Marketing, sixth edition, Englewood Clifs, Prentice Hall.
3. Cannon, Perreault & Mc. Carthy. Pemasaran Dasar. Salemba Empat. 2008. Jakarta
4. Fandi Tjiptono, Strategi Pemasaran, Penerbit Andi Offset.
5. Hermawan Kertajaya & M. Syakir Sula, Syariah Marketing, Mizan Pustaka.

a.n. Dekan
Pembantu Dekan Bidang Akademik



Dr. H. Jamal Lulail Yunus, SE., MM
NIP: 197000707 200003 1 001

sap SIM_2010

DEPARTEMEN AGAMA
UNIVERSITAS ISLAM NEGERI (UIN) MALANG
Jalan Gajayana 50 Malang Telepon (0341) 551354 Faksimile (0341) 572533

FORMULIR SILABUS MATAKULIAH
JURUSAN MANAJEMEN FAKULTAS EKONOMI
Nomor Dokumen No. Revisi Halaman Tanggal
UIN-QA/KM/06 01 1 dari 1 15 Februari 2010

Kode Matakuliah : 0751306
Nama Matakuliah : Sistem Informasi Manajemen
Jumlah Kredit : 3 SKS
Semester : IV(Empat)
Jenis Matakuliah : Mata Kuliah Keahlian Berkarya (MKB)

A. Deskripsi Matakuliah
Memberikan bekal kepada mahasiswa untuk memahami konsep sistem informasi manajemen sehingga mahasiswa
diharapkan mampu melakukan analisis tentang sistem informasi manajemen yang mendukung rencana dan strategi perusahaan.


SESI MATERI PERKULIAHAN SUMBER
1 Overview arah materi kuliah 11,13,14,17
S Skenario paradigma IT/ICT masa lalu, sekarang dan di masa depan
2 Outlook era ekonomi dan organisasi digital 3,16
S - Melakukan bisnis dalam era ekonomi digital
- Tekanan bisnis, kinerja dan tanggapan organisasi serta dukungan teknologi informasi.
- Organisasi yang adaptif, tangkas dan nyata (real-time).
- Perkembangan dan kecenderungan era informasi dan teknologi informasi.
- Contoh kasus
3 Dasar-dasar Sistem informasi dalam Bisnis 1,2,9,11
I - Definisi konsep system dan hirarki system.
- Definisi konsep data, informasi, sistem informasi (IS).
- Definisi konsep teknologi informasi (IT) atau ICT (information communication and technology).
- Telekomunikasi & jaringan
4 Menggunakan sumber-sumber informasi secara strategik dalam ekonomi global 7,11,13,17
S - Evolusi sumber-sumber informasi
- Peranan IS dalam sebuah organisasi.
- Klafisikasi dan faktor utama sukses dalam menggunakan strategi IS & IT.
5 Bersaing dengan Menggunakan Teknologi Informasi 7,8,9,10
I - Dasar- dasar keunggulan strategis
- Konsep –konsep strategi kompetitif
- Mata rantai nilai bisnis
- Menggunakan TI sebagai keunggulan strategis
6 Mensejajarkan strategi bisnis, strategi IS dan strategi IT 11,12,14,17
S - Model-model penyelarasan strategi bisnis, strategis IS & strategi IT/ICT.
- Definisi konsep strategi bisnis.
- Definisi konsep strategi IS
- Definisi konsep strategi IT/ICT
7 Sistem manajemen database (database management system) 8,9,10,15
I - Konsep basis data
- Penerapan Database dalam Bisnis
- Tipe File dalam Sistem manajemen database
- Teknik merancang model database
- Syarat-syarat manajemen untuk system database
8/I Praktikum Manajemen Database
9 Ujian Tengah Semester (UTS)
10 Membangun dan merubah proses bisnis dalam era ekonomi digital. 8,10
S - Perspektif fungsional Vs perspektif proses bisnis
- Mendesain kembali organisasi dengan system informasi
- Alat-alat perubahan
11 E-commerce & e-bisnis 7,8,9,10,15
I - System e-commerce dan System e-bisnis
- Pilar sukses dalam e-commerce/ e-bisnis.
- Menciptakan sebuah strategi e-commerce/e-bisinis yang terintegrasi.
12 Perencanaan strategik sistem informasi/teknologi informasi atau ITSP (information technology strategic planning), bagian I. 3,7,12,14,16
S - Pentingnya ITSP.
- Definisi konsep ITSP.
- Model-model ITSP
13 ITSP, bagian II 3,7,12,14,16
S Tahapan ITSP.
14 Evaluasi Sistem Informasi Manajemen 6
I - Alasan terjadinya paradoks produktivitas teknologi informasi
- Tingkatan yang bisa di evaluasi
- Metodologi Cost & benefit analysis
15 Elemen-elemen social dan kesadaran sumber daya manusia sistem informasi 5
S - Menjembatani isu-isu social dan organisasi dalam pengembangan system informasi.
- Tanggungjawab social pengembang (developers) system informasi.
16 Etika dan kerangka hukum bidang teknologi informasi 8,9,10,15
I - Etika Pemanfaatan Teknologi Informasi
- Kriminalitas di Internet
- Kerangka Hukum Bidang Teknologi informasi
- Perspektif Cyberlaw dalam Hukum Indonesia
17 Survei ke Perusahaan
18 Ujian Akhir Semester (UAS)

Referensi
1.  Abdul Manaf B., Nur Haryani Z., Norliza Katuk & Zahurin Mat Aji. 2006. Sistem Maklumat Dalam Organisasi Kontemporer. Kuala Lumpur: Pearson Prentice Hall.
2.  Bentley, Trevor. 1998. Managing Information. London: CIMA.
3.  Boar, Bernard, H. 2001. The art of strategic planning for information technology. Ed. ke-2. New York: John Wiley and Sons, Inc.
4.  Brown, C.V., DeHayes D.W., Hoffer J.A, Martin E.W & Perkins W.C. 2009. New Jersey: Pearson Prentice Hall.
5.  Clarket S., Coakes E., Hunter M.G & Wenn A. 2003. Socio-Technical and Human Cognition Elements of Information System. London: Information Science Publishing
6.  Indrajit, Eko Richardus; 2004, Kajian Strategis Cost Benefit Teknologi Informasi; Panduan Investasi Pengembangan Teknologi Informasi di Perusahaan, Andi Offset, Yogyakarta.
7.  Jogiyanto, H.M. 2005. Sistem informasi strategik. Yogyakarta: Andi Offset.
8. Laudon, Kenneth C., Jane P. Laudon. 2007. Management Information Systems Managing the Digital Firm. Tenth Edition. Pearson Prentice Hall
9.  Mc Leod, Jr.; 2008, Sistem Informasi Manajemen; Edisi 10;Salemba Empat; Jakarta.
10.    O’Brien, James .;2005, Kerangka Dasar Sistem Informasi Manajemen; Salemba Empat; Jakarta.
11.  Pearlson & Saunders. 2009. Strategic Management Information System. Fourth Edition. John Wiley & Sons (Asia), Ltd.
12.  Raja Malik, Mohamed. 2003a. Practical approach to ICT strategic planning. Kuala Lumpur: Institut Tadbiran Awam Negara (INTAN).
13.  Raja Malik, Mohamed. 2003b. Challenges in managing Information & Communications Technology: A CIO Guide. Kuala Lumpur: Institut Tadbiran Awam Negara (INTAN).
14.  Slamet. 2009. Kerangka Kerja Perancangan Teknologi Maklumat Berparadigma Islam. Thesis Doktor Falsafah. Bangi: Universiti Kebangsaan Malaysia.
15.  Supriyanto, Aji;2005, Pengantar Teknologi Informasi; Salemba Empat; Jakarta.
16.  Turban, Efraim., Leidner, Dorothy., McLean, Ephraim., & Wetherbe, James. 2008. Information Technology for Management
(Transforming Organizations in the Digital Economy. Ed.6. John Wiley & Sons (Asia) Pte Ltd.
17.  Ward, John & Peppard, Joe. 2002. Strategic planning for information systems. Ed. ke-3. England: John Wiley & Sons, Ltd.
a.n. Dekan
Pembantu Dekan Bidang Akademik



Dr. H. Jamal Lulail Yunus, SE., MM
NIP: 197000707 200003 1 001