Selasa, 02 Maret 2010

sap SIM_2010

DEPARTEMEN AGAMA
UNIVERSITAS ISLAM NEGERI (UIN) MALANG
Jalan Gajayana 50 Malang Telepon (0341) 551354 Faksimile (0341) 572533

FORMULIR SILABUS MATAKULIAH
JURUSAN MANAJEMEN FAKULTAS EKONOMI
Nomor Dokumen No. Revisi Halaman Tanggal
UIN-QA/KM/06 01 1 dari 1 15 Februari 2010

Kode Matakuliah : 0751306
Nama Matakuliah : Sistem Informasi Manajemen
Jumlah Kredit : 3 SKS
Semester : IV(Empat)
Jenis Matakuliah : Mata Kuliah Keahlian Berkarya (MKB)

A. Deskripsi Matakuliah
Memberikan bekal kepada mahasiswa untuk memahami konsep sistem informasi manajemen sehingga mahasiswa
diharapkan mampu melakukan analisis tentang sistem informasi manajemen yang mendukung rencana dan strategi perusahaan.


SESI MATERI PERKULIAHAN SUMBER
1 Overview arah materi kuliah 11,13,14,17
S Skenario paradigma IT/ICT masa lalu, sekarang dan di masa depan
2 Outlook era ekonomi dan organisasi digital 3,16
S - Melakukan bisnis dalam era ekonomi digital
- Tekanan bisnis, kinerja dan tanggapan organisasi serta dukungan teknologi informasi.
- Organisasi yang adaptif, tangkas dan nyata (real-time).
- Perkembangan dan kecenderungan era informasi dan teknologi informasi.
- Contoh kasus
3 Dasar-dasar Sistem informasi dalam Bisnis 1,2,9,11
I - Definisi konsep system dan hirarki system.
- Definisi konsep data, informasi, sistem informasi (IS).
- Definisi konsep teknologi informasi (IT) atau ICT (information communication and technology).
- Telekomunikasi & jaringan
4 Menggunakan sumber-sumber informasi secara strategik dalam ekonomi global 7,11,13,17
S - Evolusi sumber-sumber informasi
- Peranan IS dalam sebuah organisasi.
- Klafisikasi dan faktor utama sukses dalam menggunakan strategi IS & IT.
5 Bersaing dengan Menggunakan Teknologi Informasi 7,8,9,10
I - Dasar- dasar keunggulan strategis
- Konsep –konsep strategi kompetitif
- Mata rantai nilai bisnis
- Menggunakan TI sebagai keunggulan strategis
6 Mensejajarkan strategi bisnis, strategi IS dan strategi IT 11,12,14,17
S - Model-model penyelarasan strategi bisnis, strategis IS & strategi IT/ICT.
- Definisi konsep strategi bisnis.
- Definisi konsep strategi IS
- Definisi konsep strategi IT/ICT
7 Sistem manajemen database (database management system) 8,9,10,15
I - Konsep basis data
- Penerapan Database dalam Bisnis
- Tipe File dalam Sistem manajemen database
- Teknik merancang model database
- Syarat-syarat manajemen untuk system database
8/I Praktikum Manajemen Database
9 Ujian Tengah Semester (UTS)
10 Membangun dan merubah proses bisnis dalam era ekonomi digital. 8,10
S - Perspektif fungsional Vs perspektif proses bisnis
- Mendesain kembali organisasi dengan system informasi
- Alat-alat perubahan
11 E-commerce & e-bisnis 7,8,9,10,15
I - System e-commerce dan System e-bisnis
- Pilar sukses dalam e-commerce/ e-bisnis.
- Menciptakan sebuah strategi e-commerce/e-bisinis yang terintegrasi.
12 Perencanaan strategik sistem informasi/teknologi informasi atau ITSP (information technology strategic planning), bagian I. 3,7,12,14,16
S - Pentingnya ITSP.
- Definisi konsep ITSP.
- Model-model ITSP
13 ITSP, bagian II 3,7,12,14,16
S Tahapan ITSP.
14 Evaluasi Sistem Informasi Manajemen 6
I - Alasan terjadinya paradoks produktivitas teknologi informasi
- Tingkatan yang bisa di evaluasi
- Metodologi Cost & benefit analysis
15 Elemen-elemen social dan kesadaran sumber daya manusia sistem informasi 5
S - Menjembatani isu-isu social dan organisasi dalam pengembangan system informasi.
- Tanggungjawab social pengembang (developers) system informasi.
16 Etika dan kerangka hukum bidang teknologi informasi 8,9,10,15
I - Etika Pemanfaatan Teknologi Informasi
- Kriminalitas di Internet
- Kerangka Hukum Bidang Teknologi informasi
- Perspektif Cyberlaw dalam Hukum Indonesia
17 Survei ke Perusahaan
18 Ujian Akhir Semester (UAS)

Referensi
1.  Abdul Manaf B., Nur Haryani Z., Norliza Katuk & Zahurin Mat Aji. 2006. Sistem Maklumat Dalam Organisasi Kontemporer. Kuala Lumpur: Pearson Prentice Hall.
2.  Bentley, Trevor. 1998. Managing Information. London: CIMA.
3.  Boar, Bernard, H. 2001. The art of strategic planning for information technology. Ed. ke-2. New York: John Wiley and Sons, Inc.
4.  Brown, C.V., DeHayes D.W., Hoffer J.A, Martin E.W & Perkins W.C. 2009. New Jersey: Pearson Prentice Hall.
5.  Clarket S., Coakes E., Hunter M.G & Wenn A. 2003. Socio-Technical and Human Cognition Elements of Information System. London: Information Science Publishing
6.  Indrajit, Eko Richardus; 2004, Kajian Strategis Cost Benefit Teknologi Informasi; Panduan Investasi Pengembangan Teknologi Informasi di Perusahaan, Andi Offset, Yogyakarta.
7.  Jogiyanto, H.M. 2005. Sistem informasi strategik. Yogyakarta: Andi Offset.
8. Laudon, Kenneth C., Jane P. Laudon. 2007. Management Information Systems Managing the Digital Firm. Tenth Edition. Pearson Prentice Hall
9.  Mc Leod, Jr.; 2008, Sistem Informasi Manajemen; Edisi 10;Salemba Empat; Jakarta.
10.    O’Brien, James .;2005, Kerangka Dasar Sistem Informasi Manajemen; Salemba Empat; Jakarta.
11.  Pearlson & Saunders. 2009. Strategic Management Information System. Fourth Edition. John Wiley & Sons (Asia), Ltd.
12.  Raja Malik, Mohamed. 2003a. Practical approach to ICT strategic planning. Kuala Lumpur: Institut Tadbiran Awam Negara (INTAN).
13.  Raja Malik, Mohamed. 2003b. Challenges in managing Information & Communications Technology: A CIO Guide. Kuala Lumpur: Institut Tadbiran Awam Negara (INTAN).
14.  Slamet. 2009. Kerangka Kerja Perancangan Teknologi Maklumat Berparadigma Islam. Thesis Doktor Falsafah. Bangi: Universiti Kebangsaan Malaysia.
15.  Supriyanto, Aji;2005, Pengantar Teknologi Informasi; Salemba Empat; Jakarta.
16.  Turban, Efraim., Leidner, Dorothy., McLean, Ephraim., & Wetherbe, James. 2008. Information Technology for Management
(Transforming Organizations in the Digital Economy. Ed.6. John Wiley & Sons (Asia) Pte Ltd.
17.  Ward, John & Peppard, Joe. 2002. Strategic planning for information systems. Ed. ke-3. England: John Wiley & Sons, Ltd.
a.n. Dekan
Pembantu Dekan Bidang Akademik



Dr. H. Jamal Lulail Yunus, SE., MM
NIP: 197000707 200003 1 001

Tidak ada komentar:

Posting Komentar