Rabu, 01 Desember 2010

ANALISIS PENGARUH FAKTOR-FAKTOR MARKETING MIX TERHADAP PERTIMBANGAN NASABAH DALAM MEMILIH BANK SYARIAH DI KOTA MALANG

1. PENDAHULUAN
1.1. Latar Belakang
Dunia perbankan Indonesia saat ini telah menjadi lebih global dengan adanya dan semakin berkembangnya industri perbankan syariah, yang mana bank syariah lebih mengutamakan kerjasama yang manfaatnya dapat diterima melalui bagi hasil yang disepakati bersama antara nasabah dengan pihak bank.
Menurut beberapa penelitian yang telah dilakukan mengenai bank syariah, khususnya yang berhubungan dengan konsumen bank syariah, yang menjadi alasan mereka untuk mau berhubungan dan menjadi nasabah adalah alasan keagamaan, yang menyatakan bahwa bunga bank yang diterima melalui bank konvensional haram hukumnya dalam syariah islam, sehingga ada keinginan dari para warga muslim untuk membentuk suatu lembaga perbankan yang sesuai dengan syariah islam, yaitu bank syariah ini.
Meskipun agama merupakan salah satu faktor yang sangat dipertimbangkan konsumen untuk mau menjadi nasabah bank syariah, masih banyak alasan dan faktor-faktor lain yang mampu mempengaruhi pertimbangan konsumen untuk mau menjadi nasabah bank syariah.
Salah satunya yang berasal dari strategi pemasaran yang dilakukan oleh bank syariah melalui strategi marketing mix (bauran pemasaran). Yang mana di dalamnya meliputi kebijakan produk, harga, promosi, tempat / saluran distribusi, pelayanan pegawai, proses pelayanan, dan bentuk fisik Kantor Bank Syariah itu sendiri. Sehingga dari bauran pemasaran tersebut nasabah dapat terpengaruh untuk mau berhubungan dengan bank syariah dengan menjadi nasabah Bank Syariah. Bauran pemasaran dinilai dapat mempengaruhi pertimbangan konsumen untuk mau menjadi nasabah Bank Syariah.
Bauran pemasaran, Menurut Kotler (2002), marketing mix merupakan seperangkat alat pemasaran yang digunakan perusahaan untuk terus-menerus mencapai tujuan pemasaran di pasar sasaran. Dalam hal ini, bagaimana strategi bauran pemasaran yang dilakukan oleh masing-masing bank syariah dalam dunia perbankan syariah yang mana saat ini sudah sangat bersaing, dalam menyampaikan maksud dari strategi pemasaran mereka untuk dapat diterima dan dimengerti oleh konsumen atau nasabah untuk mau memilih berhubungan dengan bank syariah melalui kelebihan-kelebihan yang dimiliki bank syariah. Dengan demikian, hal ini akan selalu berhubungan dengan perilaku konsumen dalam melakukan proses pengambilan keputusan dalam memilih bank syariah ini. Hal-hal apa saja yang dipertimbangkan, hal-hal apa saja yang sebenarnya menarik perhatian konsumen dalam memilih bank syariah apabila dilihat dari sisi strategi bauran pemasaran bank syariah yang diterima oleh konsumen.
Berdasarkan uraian di atas, penulis mengindikasikan adanya suatu perkembangan perbankan syariah di Indonesia, hal ini dapat dilihat sekilas dari keuntungan yang didapat oleh nasabah bank syariah lebih besar dibandingkan dengan keuntungan yang didapat nasabah bank-bank konvensional melalui strategi bauran pemasarannya yang dapat diterima oleh konsumen atau nasabah, dimana pada bauran pemasaran ini ada beberapa faktor yang dapat dilihat dan dinilai oleh konsumen yaitu product, price, promotion, place, people, physical evidence, dan process.
Maka penelitian ini pun diberi judul: “Analisis pengaruh faktor-faktor marketing mix terhadap pertimbangan nasabah dalam Memilih Bank Syariah di Kota Malang”.
1.2. Perumusan Masalah
1. Adakah pengaruh signifikan antara produk, harga, promosi, tempat/saluran distribusi, pegawai, bukti fisik dan proses, terhadap pertimbangan konsumen (nasabah) dalam memilih bank syariah?
2. Dari beberapa faktor yang dipertimbangkan, faktor manakah yang paling dipertimbangkan konsumen dalam memilih bank syariah?
1.3. Tujuan Penelitian
Tujuan penelitian ini adalah:
1. Untuk mengetahui adakah pengaruh signifikan antara produk, harga, promosi, tempat / saluran distribusi, pegawai, bukti fisik dan proses, terhadap pertimbangan konsumen (nasabah) dalam memilih bank syariah.
2. Untuk mengetahui faktor manakah yang paling dipertimbangkan nasabah dalam memilih bank syariah.
1.4. Manfaat penelitian
Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan manfaat sebagai berikut:
1. Memberikan informasi yang dapat digunakan sebagai bahan masukan bagi jasa perbankan untuk meningkatkan kualitas pelayanan jasa perbankan.
2. Menjadi bahan pertimbangan dalam penyusunan program atau kebijakan yang berkaitan dengan kualitas pelayanan untuk memenuhi tuntutan kepuasan nasabah.
3. Menjadi bahan informasi bagi peneliti lain yang akan mengadakan penelitian yang berhubungan dengan penelitian ini.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar