Rabu, 01 Desember 2010

Segmentasi perbankan syariah di Kota Malang

SEGMENTASI NASABAH BERDASARKAN BENEFIT DAN PREFERENSI PADA BANK SYARIAH DI KOTA MALANG
2. Latar Belakang Penelitian
Bank Syariah merupakan salah satu bank yang dapat membantu perkembangan perekonomian di Indonesia. Disamping itu juga Bank Syariah juga merupakan salah satu alternatif bank yang dapat membantu pelaksanaan proses transaksi ataupun investasi yang ada di masyarakat yang tentunya dapat menggerakan perekonomian di Indonesia.
Bank Syariah dituntut untuk dapat memenuhi aturan-aturan syariah, bank syariah dan BMT juga diharapkan mampu memberikan bagi hasil kepada dana pihak ketiga minimal sama, atau bahkan lebih besar dari suku bunga yang berlaku di bank konvensional serta menerapkan margin keuntungan pembiayaan yang lebih rendah daripada suku bunga kredit bank konvensional.
Untuk merealisasikan konsep ideal tersebut, Bank Syariah atau BMT harus dikelola secara optimal berlandaskan prinsip-prinsip amanah, sidiq, fatonah dan tabligh, termasuk dalam hal kebijakan penetapan marjin keuntungan dan nisbah bagi hasil pembiayaan.
Namun, terkadang penentuan marjin yang diberikan Bank Syariah lebih besar dari suku bunga konvensional dengan alasan untuk menghindari inflasi. Kondisi seperti ini menuntut adanya persepsi yang kurang baik dari masyarakat bahwa praktik bank syariah atau BMT tidak ada bedanya dengan bank konvensional. Oleh karenanya salah satu cara agar Bank Syariah ini terus bisa diingat dan selalu ada di benak konsumen adalah dengan membangun positioning yang tepat. Dengan positioning yang tepat diharapkan akan tercipta pelanggan yang loyal.
Dalam upaya merebut pangsa pasar perbankan, maka segmentasi merupakan salah satu cara dalam pemasaran untuk menempatkan citra perbankan beserta produk-produknya di ingatan nasabah. Dengan demikian posisi perbankan dalam penguasaan pangsa pasar dapat dipertahankan dan bahkan dapat ditingkatkan.
Berangkat dari hal tersebut maka perlu kiranya di lakukan penelitian yang berkaitan dengan analisis faktor-faktor yang berpengaruh terhadap upaya menganalisis segmentasi nasabah bagi Bank Syariah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar